Thursday, June 7, 2007

Gratis ato bayar?

Setelah berhasil nentuin topik, yuuukkk kita pilih blog engine yang mau kita pake.
Mengutip Majalah Chip Edisi Spesial Blogging, ada 4 opsi yang bisa kita pilih:
1. Blog engine gratis & hosting gratis
Namanya aja gratis, ya elu ga perlu bayar apa2. Cocok nih buat pemula. Bisa elu dapatin di Blogger, Wordpress, Vox dan Multiply
Mau yang produk dalam negri? Ada juga neh: ngeblog.web.id/ , Boleh


2. Blog engine gratis, tapi hostingnya bayar
Kalo yang beginian biasanya elu dapat kapasitas yg lebih besar, trus bebas modifikasi blog elu. Yang perlu dilakuin cuman nginstal blog engine di server n berlangganan hosting, bisa dimana aja.
Untuk blog engine-nya, bisa didapat di: Wordpress.org, Movable Type (versi gratis), pMachine (versi gratis), TextPattern


3.Blog engine berbayar yang udah termasuk hosting
Untuk yg ini elu ga perlu repot install blog engine. Silakan liat di Six Apart dan Square Space.


4. Blog engine yg bayar n hosting juga bayar
Yang satu ini paling fleksibibel dhe, bisa elu utak atik abis tuh blog. Ada Movable Type versi komersial & pMachine Pro versi komersial

Gue sih, seperti yang elu liat sendiri, masih milih yang gratisan aja. Abis gue rada gatek, kalo gue milih yang bayar2, tar gue ga tau gimana cara pakenya lagee.
Gue pake engine dari Blogger.com. Knapa gue milih Blogger? Karena gampang dipake n Blogger ini milik Google, mesin pencari terbesar. Jadi blog kita otomatis terhubung ke Google.
Sebenarnya sebelum di Blogger, gue udah bikin di Wordpress, cuma pas mau ngedit2 gue kesulitan gitu. Pas gue liat di majalah Chip Edisi Spesial Blogging, ada artikel yang ngajarin ngeblog di Blogger, wah.. gue langsung pindah dhe..hehehe
Di Wordpress juga bagus sih, elu bisa ngubah antarmukanya jadi berbahasa Indonesia. Keren kan..

Oh ya, balik soal pilih memilih tadi ya. Buat yg pemula banget, gue saranin main2 pake yang gratisan dulu dhe. Kalo udah jago, baru pindah ke yg bayar2.
Trus, kalo ga salah gue pernah denger, katanya kalo mau hosting, mending pilih hosting yang ada di USA, karena lebih dekat ke mesin pencari Google & Yahoo, yg notabene merupakan search engine yg paling sering digunakan.
Kalo lokasi hosting lu jauh, akan lebih sulit bagi mesin pencari nemuin elu.
Mudah2an aja informasi ini ga salah ya, karena gue bener2 masih blajar nih.. Kalo emang salah, kasih tau gue dhe :-)

No comments: