Wednesday, June 6, 2007

Lebih jauh tentang topik

Lanjut soal pemilihan topik ya. Kemarin kayaknya gue kurang detil ngebahasnya.
Soal nentuin topik ini, sebenarnya bisa dilihat dari 2 sisi:
1. Dari sisi elu sendiri, yaitu minat elu
2. Dari sisi pembaca, seberapa banyak orang yang tertarik ama topik elu itu.
Jadi, bisa aja elu nulis sesuatu yg emang benar2 elu minatin & kuasain, tapi ternyata ga banyak orang yg tertarik ma tu topik, jadinya blog elu keren banget, tapi ga berhasil menarik pengunjung.

Gimana sih nentuin seberapa komersialnya topik yg gue plilih? Sekali lagi gue katakan, gue bukan ahli loh ya. Ini semua masih under trial. Tapi selama seminggu gue mikirin topik, gue selalu pergi ke http://google.com/trends .Jadi topik apa pun yang terlintas di pikiran gue, gue cek trend-nya di google. Trus gue juga cek ke http://google.com, seberapa banyak orang yg posting topik yang sama.
Kalo jumlahnya udah mencapai ratusan juta.. wuihh... kalo menurut gue sih mendingan gue pilih topik yang lain dhe, apalagi kalo gue gak bener2 menguasai topik itu. Tapi kalo elu merasa bisa bikin yang lebih bagus daripada yg sudah ada, silakan aja elu tetap pilih itu.

Kalo masih belum ada ide buat topik, silakan browsing di internet, ato buka2 majalah. Bisa juga elu pergi ke Amazon, liat2 barang apa aja yang dijual disana. Elu bisa ngomongin soal barang2 itu sambil sedikit promosi.

Hehehee...tujuan akhir elu emang uang kan :-)

No comments: